Dompet Dhuafa Jatim Salurkan Bantuan Sapi Perah Untuk Dhuafa

Magetan, Jawa Timur (4/1/2021), Sebagai tindak lanjut dari program kerjasama Kampung Susu Lawu yang sudah dilaunching pada November 2020, Dompet Dhuafa Jawa Timur menyalurkan ternak sapi perah untuk masyarakat dhuafa di Desa Singolangu, Kabupaten Magetan. 

Bantuan sapi diterima oleh Mbah Wiro (57) dan Pak Saimin (47) Mbah Wiro sehari-hari hanya bekerja sebagai pengambil getah pinus yang dihargai 3.500rupiah/kg dan sebulan beliau mendapatkan 500Kg kurang lebihnya. Sedangkan Mbah Wiro adalah seorang pengrajin kayu rumahan, seperti pintu, meja dan lemari. Di tengah ekonomi yang sulit ini dan ditambah sedikitnya minat masyarakat keduanya terbantu sekali dengan program ini.”Terimakasih sudah membantu kami, semoga sapi yang di berikan bisa bermanfaat, susunya banyak dan beranak pinak” ujar Mbah Wiro.

 

Sedangkan Pak Saimin (47), penerima manfaat Sapi ternak yang kedua, sehari-harinya sebagai pembibit sayur dan pengerajin keranjang sayur jika ada pesanan. Beliau sempat memelihara sapi milik orang lain selama dua tahun setelah akhirnya diambil oleh pemiliknya.

Program ini adalah ikhtiar Dompet Dhuafa Jatim membantu meringankan perekonomian warga di wilayah Jawa Timur. Pada program ini, sapi diberikan secara bergulir. Setelah empat tahun, sapi akan dipelihara oleh penerima manfaat lain setelah penerima manfaat sebelumnya berhasil mempunyai dua anakan dan dapat menjual susunya secara harian.

Leave a Comment