Dompet Dhuafa Salurkan Amanah Donasi untuk Pembangunan Musollah Terdampak Gempa

Lumajang, 4 Mei April 2021. Gempa bumi berkekuatan 6.1 SR mengguncang Kab. Malang, Jawa Timur dan sekitarnya. Sejumlah rumah warga dan fasilitas umum terdampak dan mengalami kerusakan akan gempa tersebut. Salah satunya yang terdampak adalah Musholla Darussalam, yang terletak di Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Musholla Darussalam adalah sebuah musholla warga yang bertempat di desa Kaliuling, kec. Tempursari, Kab. Lumajang, Jawa Timur. Musholla Darussalam normalnya menampung sekitar 40 jamaah warga setempat. Namun, musholla ini juga terkena dampak kerusakan fisik akibat gempa.

Alhamdulillaah dalam beberapa hari terakhir, Dompet Dhuafa Jawa Timur berkolaborasi bersama beberapa lembaga amil zakat Jawa Timur, yang tergabung dalam Forum Zakat (Foz) Jawa Timur, bahu membahu mendirikan kembali musholla tersebut, tentunya bersama beberapa warga setempat. Diketahui bahwa beberapa warga setempat telah memulai pembangunan musholla kembali tersebut sejak 5 hari yang lalu, atau sekitar tanggal 29 April 2021. Namun warga setempat masih belum bisa memperkirakan perampungan pembangunan kembali ini, karena juga menyesuaikan dengan cuaca dan tenaga masing2, mengingat pembangunan ini juga dilaksanakan atas swadaya masyarakat setempat, serta tanpa adanya bayaran, murni bekerja dengan sukarela.

Hingga saat ini, hasil terbaru pembangunan musholla tersebut telah sampai pada penyusunan batako-batako yang telah diberi semen sebagai bangunan musholla tersebut, namun belum 100% selesai. Warga-warga setempat berekspektasi bahwa pada saat hari raya idul fitri tahun ini tiba, mereka dapat menyelesaikan pembangunan hingga pemasangan payon musholla atau atapnya, yang menggunakan bahan galvalum. Saat ini juga belum tersedia pilar-pilarnya, yang ketentuannya harus tersedia bahan alur, yang pastinya membutuhkan waktu lebih. Selain alur dari pilar, kebutuhan lain yg belum tersedia adalah pintu lerekan dan kusen. Namun tetap yang paling utama adalah alur. Untuk keramik dan kaca sudah ada.

Leave a Comment