Mandiri Amal Insani bersama Dompet Dhuafa Jawa Timur Berikan Bantuan Modal Usaha Pekerja Terdampak Covid19

Surabaya (3/12) Pandemi Covid 19 masih terjadi di berbagai negara, hal tersebut berdampak pada sektor kehidupan di dunia. Salah satunya dampak penurunan ekonomi. Hal ini mengakibatkan lesunya ekonomi Indonesia, tercatat Indonesia mengalami resesi sebesar minus 5,32%. Perusahaan besar maupun perusahaan kecil melakukan PHK besar besaran. Menurut catatan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia ada 6,4 juta pekerja yang dirumahkan atau mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Tingginya angka PHK mengakibatkan meningginya pengangguran di Indonesia.

 

Mereka yang ter PHK akhirnya membuat usaha kecil kecilan untuk bertahan hidup ditengah pandemi seperti ini. Mereka berjuang demi menghidupi keluarga di rumah agar tetap hidup dan tidak bergantung kepada bantuan pemerintah ataupun orang lain. Dampak Covid 19 ini lah  melatarbelakangi Mandiri Amal Insani (MAI) Perwakilan Jawa Timur berkerjasama dengan Dompet Dhuafa Jawa Timur untuk memberikan bantuan modal usaha kepada mereka yang ter PHK dan membuat usaha kecil untuk menghidup keluarganya.

 

Harapan dari bantuan modal usaha ini adalah agar mereka dapat mengembangkan usaha yang dilakukan ini lebih besar lagi dan pada akhirnya dapat bermanfaat kepada keluarga bahkan lingkungan , “kami berharap bantuan ini dapat membantu bapak ibu untuk mengembangkan usaha nya lebih besar lagi dan bermanfaat untuk keluarga dan lingkungan” ujar Fatkhunnizham Asfihany Ketua Pengurus MAI Foundation Perwakilan Jawa Timur. Hal ini juga senada di utarakan oleh Fadly Abdul Aziz Hassan Manajer Fundraising Dompet Dhuafa Jawa Timur “jangan dilihat dari besar kecilnya bantuan ini, tapi jadikan bantuan ini semangat berjuang dan stimulan untuk usaha bapak ibu agar lebih berkembang dan bahkan mungkin dapat memperkerjakan karyawan”.

Ada 15 penerima manfaat yang menerima bantuan modal usaha ini. Salah satunya adalah Ibu Vevy warga surabaya yang dulunya bekerja di perusahaan Food and beverage. Karena pandemi Ibu Vevy harus di PHK dan sekarang harus berjuang hidup dengan membuat usaha Jus dan pulsa di rumahnya. Beliau sangat berterima kasih atas bantuan ini bahkan sampai menitiskan air mata ketika di konfirmasi tim Dompet Dhuafa Jawa Timur bahwa beliau mendapatkan bantuan modal usaha. “Alhamdulillah dengan bantuan ini saya bisa mengembangkan usaha saya dan membantu perekonomian saya yang sudah sangat menurun bahkan tidak ada penghasilan sejak saya di PHK dari perusahaan, terima kasih MAI Jawa Timur dan Dompet Dhuafa Jawa Timur yang telah memberikan bantuan modal usaha ini.”

Leave a Comment