Peringati Hari Pers Nasional, Dompet Dhuafa Gelar Layanan Swab Antigen Gratis Untuk Jurnalis Senior

SURABAYA – Hari Pers Nasional 2021, bergulir di tengah pandemi. Dedikasi tinggi para jurnalis dalam menebarkan nilai-nilai kebajikan dan fakta untuk masyarakat, patut mendapat apresiasi. Peran jurnalis dalam pers salah satunya adalah menyampaikan kebenaran dan kabar gembira, serta pemberi peringatan, seperti peran kenabian. Dalam Al Quran surat Al Kahfi ayat 56 dijelaskan, tugas para Rasul dan Nabi adalah membawa kabar gembira dan pemberi peringatan, mengajak orang berbuat kebaikan dan memerangi kebatilan. Ayat tersebut, senada dengan fungsi pers dan jurnalis yang mengemban profesi mulia, karena mereka merupakan pewaris tugas kenabian atau kenabian. Tugas untuk menyampaikan kebenaran demi keadilan, sehingga dapat melahirkan kesejahteraan dan membuahkan perdamaian untuk seluruh alam (rahmatan lil alamin).

Menurut Ustaz Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Budaya, Dakwah dan Pelayanan Masyarakat sekaligus Ketua Satgas Covid-19 Dompet Dhuafa, mengatakan, “Pada hari ini (Rabu, 10/2/2021), donatur Dompet Dhuafa memberikan layanan kesehatan gratis berupa swab antigen bagi 300 jurnalis media massa. Kegiatan tersebut juga sebagai dedikasi kami kepada peran jurnalis dalam menginformasikan, mengedukasi dan mengajak masyarakat dalam kebaikan. Tentunya termasuk dalam kampanye-kampanye kemanusiaan yang terus berjalan. Peran lembaga juga tidak lepas dari media massa, yang kita tahu, sejarah Dompet Dhuafa berawal dari peran jurnalis Republika pada kala itu”.

“Melalui layanan ini, para pengguna layanan atau pasien sekaligus juga berdonasi bagi dhuafa, sebagai upaya penanganan Covid-19 di Indonesia. Terakhir dengan pelayanan antigen gratis bagi kawan-kawan jurnalis, mereka tetap bekerja untuk menyajikan berita hangat di sekitar kita. Kemudian adanya layanan ini juga sambil menjaga kesehatan tubuh maupun mental dan menjaga indepedensi dalam menyajikan berita-berita yang akurat,” tambah Ustaz Ahmad Shonhaji”.

“SWAB Antigen gratis untuk jurnalis, kami selenggarakan di dua lokasi di Indonesia, yakni Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur. Sasaran penerima manfaatnya adalah para jurnalis di lapangan, terutama mereka yang masuk di usia senior.

Leave a Comment