Tebar Daging Kurban Sampai ke Pulau Sapudi Madura

SIARAN PERS, SITUBONDO, JAWA TIMUR — Dompet Dhuafa memberdayakan 70 mitra ternak di berbagai daerah di Nusantara. Salah satunya peternakan ‘Kembeng Makmur’ di Desa Awar-awar, Dusun Timur, RT 01/RW 03, Kecamatan Asembagus, Situbondo. Didirikan oleh Artijo dan rekan-rekan peternak lainnya dibawah binaan Dompet Dhuafa sejak tahun 2011.

Pada program THK (Tebar Hewan Kurban) Dompet Dhuafa tahun 2019, Kembeng Makmur menebar hewan kurban sebanyak 645 ekor doka (domba kambing). Kepada kami, Artijo mengaku, ternaknya mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan, ia dan rekan-rekannya harus menambah jumlah kandang, sebab domba-dombanya semakin berdesakan.

Di depan salah satu kandangnya, rekan-rekan Artijo memodifikasi 2 (dua) buah truk. Masing-masing truk diukur tiap sudutnya. Di samping truk, rekan Artijo memilah-milah bambu menjadi beberapa bagian. Didapati pula pada sisi kirinya potongan-potongan kayu dan bambu dengan gergaji di atasnya.

Di sudut lain, satu truk selesai dimodifikasi. Truk terlihat layaknya kandang bertingkat, dibatasi dengan bilah-bilah bambu yang terikat, serta jerami dan dedaunan yang sudah disayat. Dua truk itu seakan menjadi kandang berjalan yang akan digunakan Artijo untuk mengangkut 175 hewan kurban saat itu. Sebanyak 75 ekor doka dinaikkan ke atas truk yang sudah selesai. Sedangkan 100 ekor lainnya, akan dinaikkan ke truk yang masih dalam tahap modifikasi. Total 175 ekor doka tersebut diangkut ke Pulau Dewata untuk dikurbankan esok hari ketika Idul Adha.

Selain itu, Artijo dan rekannya telah mempersiapkan beberapa mobil pick-up untuk mengangkut domba-domba lainnya menuju beberapa lokasi berbeda di Situbondo dan wilayah sekitarnya. Menurutnya, sebanyak 640 dombanya telah berhasil terjual untuk THK Dompet Dhuafa 2019. 

“THK tahun 2019, Ternak Kembeng Makmur menebarkan 640 ekor domba ke beberapa daerah untuk THK Dompet Dhuafa. Sebanyak 100 ekor di kirim ke Pulau Sapudi, Madura. Kemudian 50 ekor dikirim ke Bondowoso. Ada juga 100 ekor yang ke Banyuwangi, dan 175 ekor diangkut ke Bali. Kemudian sebanyak 215 ekor untuk ditebar di wilayah Situbondo dan sekitarnya. Untuk yang di Sapudi sudah kami kirim Kamis kemarin”, aku Ketua Kelompok Ternak Kembeng Makmur.

Leave a Comment